dibandingkan?siapa takut...

Minggu, 21 Oktober 2007

Melakukan sesuatu sepertinya memang harus dibandingkan hasilnya jika ingin tau apakah yang dilakukan tersebut lebih baik atau sebaliknya. Suatu hal yang dianggap sudah benar bisa jadi sangat keliru setelah dibandingkan hasilnya dengan yang lain.
Hidup tanpa pembandingan terasa sangat hambar, karena berjalan begitu saja tanpa tau kualitas dari apa yang sedang atau telah dilakukan atau suatu yang salah pun akan terus dilakukan karena ketidaktauan tadi.
Disadari atau tanpa disadari pembandingan memang sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, sejak belum lahir pun orang sudang sering membanding-banding kan. ''eh, tau ga si ibu yang sedang hamil itu ga seperti ibu yang di sana itu rajin merawat kandungannya, keliatan jelas banyinya pun saya rasa lebih sehat jika dia lahir nanti''.
Mengetahui pentingnya perbandingan, maka sayapun merasa perlu mengajak para mandor kebun saya untuk sekedar jalan-jalan melihat kebun lain sebagai pembanding apakah yang telah mereka kerjakan sudah baik atau lebih buruk dari yang lain. Bukan untuk mencari-cari kejelekan orang lain, namun lebih kepada pembelajaran mengapa orang lain bisa sedangkan kami tidak. Kenapa dikebun yang ini tanamannya lebih jelek dibanding di kebun kami atau lebih baik. Ilmu, pengalaman, tips dan triks di didapat dari hasil pembandingan tadi. Tujuannya adalah agar apa yang dikerjakan menjadi lebih baik dari sebelum membandingkan.
Salaman
Rokhman Permadi

0 komentar:

 
Free new blogger template ABSTRACT MIND Design by Pannasmontata             Powered by    Blogger