Dipersimpangan Jalan.

Sabtu, 17 November 2007

''Bisa tolong jelaskan, jalan mana ya yang harus kuambil dari sini?''.
''Tergantung kamu maunya kemana''. Jawab sang kucing
''Kemana juga boleh'', kala Alice.
''Ya, kalau begitu, jalan manapun boleh kamu ambil'', kata sang Kucing
(dari Alice's adventure in wonderland)
Apa yang disampaikan dalam perbincangan antara Alice dan sikucing menggambarkan apa yang sedang saya alami sekarang. Saya berhak menentukan sendiri arah mana yang ingin saya tempuh untuk mencapai tujuan yang saya inginkan. Namun permasalahannya adalah bahwa saya belum punya konsep yang jelas apa yang ingin dituju.
Saya kadang masih ragu apakah saya benar-benar ingin berwirausaha atau selamanya jadi orang suruhan. Keragu-raguan ini muncul karena saya masih belum berani mengambil resiko kehilangan pendapatan yang biasanya rutin saya dapat setiap bulan dari perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Kalau saya berwirausaha maka saya memutus rutinitas bulanan tadi dan berharap untuk mendapatkan sesuatu yang belum jelas dibulan yang akan datang.
Sepertinya plin plan, tetapi inilah kenyataannya. Saya menganggap ini adalah suatu saat dimana saya berada dipersimpangan jalan yang menuju suatu arah yang paling menentukan terhadap apa jadinya saya kedepannya. Seperti yang saya rasakan saat ini adalah hasil keputusan saya diwaktu yang lalu dimana saya merasa keliru dalam memutuskannya. Apakah sekarang saya akan mengambil jalan yang lebih parah lagi?. Ini lah yang membuat saya lebih berhati-hati dalam menentukannya.
Beberapa hari belakangan saya dapat kiriman email dari Bpk Tung Desem Waringin (TDW), dalam email tersebut beliau mengajarkan bahwa ada beberapa langkah yg harus dilakukan untuk dapat mencapai keberhasilan optimal atau yang disebut oleh Anthony Robins sebagai Peak Performance. Langkah yang pertama adalah Menentukan apa yang diinginkan untuk dicapai?, atau dalam instilah di atas td kemana arah yang ingin dituju?. Langkah kedua adalah Take action atau lakukan, ayunkan langkah menyusuri jalan yang menuju tujuan yang diinginkan. Langkah ketiga adalah Evaluasi atau tingkatkan kepekaan diri untuk merasakan apakah jalan yang ditempuh sudah benar-benar mengarah ketujuan yang ingin dicapai tadi.
Sulit, namun apapun yang akan saya putuskan pasti akan ada resikonya. Tolong doa dan bantuannya.
Wassalam
Rokhman

0 komentar:

 
Free new blogger template ABSTRACT MIND Design by Pannasmontata             Powered by    Blogger